Alasan kenapa Nabi Muhammad Memiliki 9 Istri | Cerita sejarah islam

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam menikah dengan sembilan wanita. Terdapat banyak pelajaran yang bisa kita petik dari poligami beliau ini. Pertama, beliau tak menikah dengan wanita-wanita yang masih gadis, walau sebenarnya beliau dapat melakukannya. Gadis yang beliau nikahi cuma satu orang saja (Aisyah). Sedangkan istri beliau yang lain adalah janda-janda yang sudah mempunyai anak, seperti Ummu Salamah, Khodijah, Hafshah, Zainab, dan lain-lain. Maksud beliau menikah dengan ummahatul mukminin itu bukanlah untuk mencari kenikmatan, bila maksudnya mencari kenikmatan pastilah beliau menikah dengan seorang gadis. 
Alasan kenapa Nabi Muhammad Memiliki 9 Istri  Cerita sejarah islam

Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan beliau menikah dengan beberapa wanita supaya sunnah-sunnah yg tidak boleh di pertontonkan terkecuali dirumah, dapat diriwayatkan dengan cara utuh. Istri-istri beliau bertindak dalam meriwayatkan sunnah-sunnah beliau waktu dirumah serta beberapa teman dekat meriwayatkan sunnah-sunnah beliau saat diluar rumah. Kalau beliau cuma beristrikan empat wanita, dua, atau satu saja, jadi sunnah-sunnah beliau dirumah cuma disandarkan pada orang yang amat sedikit, hingga Allah perintahkan beliau untuk menikah dengan sembilan wanita supaya riwayat-riwayat itu disandarkan pada orang yang banyak (hingga memperkuat riwayatk itu). 

Maksud yang lain yaitu menundukkan hati kabilah-kabilah besar supaya mereka memeluk Islam. Seperti pernikahan beliau dengan Zainab binti Jahsyi Shofiyyah binti Huyay bin Akhtab radhiallahu ‘anha, lalu masuklah segolongan orang Yahudi ke Islam. Demikian pula pernikahan beliau dengan Zainab binti Jahsy radhiallahu ‘anha yang jadikan kabilah dari Zainab ini masuk Islam. Juga pernikahan beliau dengan anak Abu Bakar serta Umar, yaitu Aisyah serta Hafshah radhiallahu ‘anhum, hingga jalinan beliau makin dekat dengan dua sahabatnya ini seperti menteri-menteri beliau. 

Jadi Allah memerintahkan beliau menikah dengan beberapa wanita mempunyai hikmah serta pelajaran yang banyak, baik hikmah itu kita kenali atau hikmah itu Allah taruh dalam ilmu-Nya saja, serta hal semacam ini termasuk juga kekhususan untuk beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam. 

Diantara kekhususan lain untuk beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu mungkin saja beliau melalui dua atau tiga hari dalam situasi berpuasa. Beliau berbuka saat maghrib lantas meneruskan puasanya di keesokan hari atau bahkan juga hingga lusa. Ketika beberapa teman dekat tahu hal semacam ini, mereka juga terasa cemas dengan keadaan beliau, beliau menjawab “Aku tidak sama dengan kalian. Waktu saya tertidur Rabb ku memberiku makan serta minum. ” Kekhususan lain untuk beliau yaitu saat beliau meninggal dunia di hari Senin, beliau baru dimakamkan di hari Rabu. Jasad beliau sekalipun tak beralih, tidak sama dengan orang lain bila alami tanpa ada formalin serta situasi kota Madinah yang sangatlah panas, situasi fisik beliau tak beralih sekalipun. 

Karena kita dapat tahu kelebihan yang didapatkan Allah pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam kemampuan fisik beliau, kekhususan bisa menikah dengan sembilan wanita, bahkan juga kekhususan sesudah meninggal dunianya beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam.

0 comments:

Post a Comment

 

Sejarah Islam Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger